Selasa, 05 Mei 2009

Beli Rumah seharga 95jt, Cuma dengan 1jt

Ini contoh real rumah gratis yang berhasil saya berikan ke temen kerja satu PT di Batam. Ceritanya ada yang mo jual rumah di kawasan Genta 1 Batu Aji, Batam. Beliau mo jual 95jt net. Rumah itu kos-kosan terdiri atas 4 kamar tidur, 2 kamar mandi, 2 lantai dengan luas tanah 60meter persegi. Hasil bersih kos-kosannya 1jt per bulan. Air listrik di tanggung anak kos.

Berbekal slip gaji temen saya itu, saya ajuin aplikasi KPR ke bank niaga. Ternyata rumah itu diharga 120jt oleh bank. KPR untuk temen saya cair sebesar 108jt (90% nya) dengan bunga 11% waktu itu. Biaya KPR plus balik nama habis 6 juta (tidak ada pajak pembeli karena NJOPnya dibawah 60jt). Namun jika diambil semua itu 108juta, cicilan KPR akan lebih besar dari hasil kos-kosan. Deal ini optimal jika dicairkan uang KPR 101juta, 95juta diberikan ke yang punya rmah, 6juta lagi untuk biaya-biaya lain. Dengan KPR sebesar itu, masih ada sisa hasil kos agak di bawah 100rb, lumayan biar sedikit. Belum lagi setelah sekian tahun harga rumah ini akan naik berkali-kali lipat.

Tapi akhirnya temen saya gak mau ngambil KPR dengan cicilan lamaaa banget (20thn), dianya mau hanya 9th saja dengan pertimbangan mau dilunasi dengan cepat. Cicilan KPR pun jadinya lebih besar dibanding kos-kosan. Namun, ini lumayan Gratis lah...Beli Rumah seharga 95jt, Cuma dengan 1jt.

1 komentar: